Yuk, Kreasikan Ruang Tamu Kecil Menjadi Unik!

Published: 17 Nov 2017 / BY Mendekor

Bagi kamu yang tinggal di apartemen atau kawasan perkotaan tentunya sering berhadapan dengan ruang-ruang yang terbatas. Jika ini kondisimu, kamu dapat memperhitungkan ruang tamu kecil sebagai tantangan desain yang kreatif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memanfaatkan sebagian besar ruang tamu:

Ruang Tanpa Batas

Pada ruang tamu yang terbatas, kamu dapat menciptakan ruang yang lapang dengan membuka pintu atau dinding sehingga ruang-ruang di sebelahnya dapat menyatu. Ruang tamu bisa terdiri dari gabungan ruang keluarga, ruang makan dan dapur jika kamu menyingkirkan setiap dinding pemisahnya. Demikian pula, memperlebar pintu dan membukanya ke arah langit-langit akan memberikan kesan lapang dan lebih terbuka.

Kredit foto: netmidiadesign.com

Tata Letak Yang Kreatif

Bila memungkinkan, cobalah menata furnitur dengan membuat pemisahan antara beberapa zona fungsional. Kiat ini akan membantu menentukan fungsi yang berbeda dalam satu ruang; misal menempatkan meja di belakang sofa untuk menciptakan ruang kerja, atau mengatur kursi dan sofa kamu dengan cara sedemikian rupa sehingga memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

 Kredit foto: caruba.info

Pilihan Warna Yang Pas

Penggunaan warna klasik putih atau pastel masih menjadi pilihan terbaik untuk mengecat ruang yang lebih kecil. Selain itu, pengecatan lis dan dinding dalam ruangan dengan warna yang sama juga menarik perhatian dan menyoroti langit-langit. Namun, kamu juga dapat memilih warna yang lebih gelap dan menenangkan seperti misalnya, biru tua atau abu-abu tua, yang dapat membuat ruang kecil lebih terkesan mengundang. Tambahkan dengan furnitur bergaya pop art, aksesoris warna-warni dan karpet berpola.

 

Kredit foto: amazonaws.com

Singkirkan Sofa Kuno

Prinsip penting ialah hindari furnitur besar dan berat yang akan mendominasi dan membuat ruangan terasa lebih kecil. Sebaliknya, pilihlah furnitur terutama sofa yang rendah dan efisien. Artinya, ada jarak yang pendek dari lantai ke tempat duduk. Dari sudut pandang desain, ini berarti kaki sofa lebih kecil, bantal ramping atau bagian bawah sempit.

Kredit foto: wuqizz.com

Multitask Atau Fungsi Ganda

Dengan multitask, kamu dapat menampung seluruh kebutuhan ruang tamu kamu. Tempat penyimpanan adalah aspek lain yang berguna. Contohnya adalah meja konsol atau rak dinding sebagai meja dan sofa bed geser multifungsi yang sangat berguna. Sebagai ganti kursi makan, kamu dapat menggunakan bangku dengan laci tersembunyi. Semuanya memiliki tujuan yang sama dan memberikan ekstra ruang untuk berbagai kebutuhan.

Kredit foto: wuqizz.com

Ciptakan Titik Fokus

Manfaatkan ruang tamu kamu yang berukuran kecil untuk menciptakan ciri khas desain. Contohnya adalah dengan merancang dinding berpola di belakang sofa dengan warna, tekstur, atau dekorasi dinding. Gunakan pelapis dinding seperti material kain, mural atau menempatkan hiasan dinding berwarna cerah.

Kredit foto: brandlifemag.com

Apakah Artikel Ini Berguna?


View Compared Product
No Products to compared