Ruangan Anak Mempengaruhi Pertumbuhan

Published: 12 Mar 2019

Dunia si kecil memang dipenuhi dengan warna dan gelak tawa aktif setiap harinya, maka tak heran jika di rumah kamu harus menyiapkan ruang bermain untuk anak-anak. Mulai dari sebuah kamar yang disulap menjadi khusus kamar bermain ataupun space kecil di bawah tangga yang bisa diubah menjadi ruang bermain kecil. Tak jadi masalah sebesar apa ruangan bermain yang tersedia yang penting kamu bisa mendesainnya dengan baik, si kecil pasti merasa betah. Ruang bermain anak memang identik dengan warna-warni ceria tapi kamu yang tak suka warna-warni mencolok juga bisa memilih interior yang lebih universal dalam warna pastel.

Kali ini Mendekor berikan fakta maupun tips mengenai ruangan anak yang ternyata mempengaruhi pertumbuhan: 

Tema Kesukaan

Menciptakan nuansa tertentu seperti desain tematik dapat menjadi langkah awal ketika mendesain ruangan yang nyaman bagi anak. Ketahui dulu minat dan selera anak sehingga kamarnya dapat menjadi zona nyaman saat ia beristirahat maupun belajar dan bermain. Karakter ruangan bisa didapat dari tema yang disukai oleh anaknya dan diterapkan dengan maksimal, misalnya scandinavian atau beach feel. Selain itu, bisa juga menghadirkan grafis binatang, langit, taman atau berbagai macam kesukaan anak.

Kredit Foto: pinterest.com

Ruangan Penuh Warna

Pilihan warna cat kamar tidur anak bisa merupakan pilihan yang sangat sulit. Psikologi warna mungkin dapat membantu kita dan memberi arahan kepada para orang tua untuk menentukan pilihan warna cat kamar tidur anak-anak mereka. Namun, semua itu mungkin tak akan pernah cukup. Studi psikologis memang telah membuktikan bagaimana pilihan warna dapat memengaruhi mood dan tingkah laku, menstimulasi otak, hingga memberi dampak kesehatan yang cukup serius terhadap seseorang, tak terkecuali kepada anak-anak. Jadi, untuk mendesain ruangan anak berilah warna dengan konsep ceria agar menimbulkan kreatifitas si anak.

Kredit Foto: hgtv.com

Meja Belajar

Meja belajar adalah komponen yang  cukup penting. Meskipun belajar dapat dilakukan di mana saja, tetapi belajar menggunakan meja belajar akan membuat konsentrasi lebih meningkat. Hal ini dikarenakan saat belajar, kita juga memerlukan kenyamanan. Baik kenyamanan fisik maupun kenyamanan batin. Oleh karena itu, sebenarnya, setiap orang membutuhkan sarana untuk belajar yang baik. Jika sarana tersebut tidak disediakan dengan baik, sudah pasti mereka akan malas dalam belajar. Salah satu sarana penting yang harus disediakan tentu saja adalah meja belajar.

Kredit Foto: zillowstatic.com

Gunakan Rak Buku

Membaca adalah suat kegiatan sangat positif, apalagi dalam proses tumbuh kembangnya si anak, meskipun seiiring berkembangnya teknologi membaca dapat dilakukan dimana saja tanpa harus menggunakan buku (E-book) namun dengan adanya rak dan terisi buku pelajaran, buku komik, buku menggambar atau mewarnai dll akan memicu anak memiliki budaya baca sejak dini.

Kredit Foto: pinterest.com

Aksesori Dekorasi

Menghadirkan tanaman Artifisial maupun tanamah hidup didalam sepertii bunga dan tanaman hijau juga memberi kesan sejuk serta segar. Kamu bisa memberikan tanaman artifisial di meja belajar, meja samping tempat tidur mau[un di rak-rakbuku kamar si kecil. Kamu juga bisa memberikan tanaman kaktus yang tidak memiliki duri agar udara dalam ruangan tidak tercemar.

Kredit Foto: topimages.com

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared