Menata Sudut Ruang di Rumah

Published: 22 Apr 2019

Memiliki rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar memang terkadang memusingkan. Apalagi di saat kamu mulai merasa kehabisan space sebagai tempat penyimpanan, area untuk memajang karya seni, hingga berpikir untuk memiliki sudut baca, home office atau area-area lain yang fungsional. Sudut-sudut ruangan merupakan ekstra space yang bisa kamu manfaatkan, mereka memiliki keunikannya tersendiri. Mengkreasikannya menjadi area untuk penambahan elemen dekoratif yang bisa menambah estetika rumah, merupakan cara imajinatif nan kreatif. Terkadang, sudut ruangan adalah area terumit ketika mendekorasi sebuah ruangan. Meski kerap terhalang dari pandangan, namun sudut ruangan tetap merupakan bagian rumah secara keseluruhan dan tak jarang punya banyak kegunaan bagi si pemilik hunian. Yuk, ikuti tips dari Mendekor cara menata sudut ruang agar lebih menarik!

Tanaman Hias

Menjaga kualitas udara di dalam rumah agar selalu baik, nyaris susah dilakukan terlebih pada rumah di area perkotaan. Namun setidaknya kita bisa sedikit memperbaiki agar tidak terlalu buruk lho. Tempatkan tanaman-tanaman hijau pada sudut ruangan agar kadar oksigen udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Penempatan tanaman-tanaman ini juga akan membuat rumah tampak lebih segar dan damai karena dekat dengan sentuhan dan unsur alam.

Kredit Foto: orami.com

Unsur Mencolok

Warna yang mencolok bisa difungsikan, kursi santai dengan bentuk unik, dekorasi beraksen kain, atau elemen apapun yang memiliki karakter mencolok dan menonjol juga dapat diletakkan di salah satu sudut ruangan untuk mengisi kekosongan. Bisa juga dengan membuat sudut ruangan menjadi area yang akan terasa lebih menyenangkan jika diberi bean bag atau kursi ayun untuk sekedar bersantai dan menghabiskan sore sambil meminum teh.

Kredit Foto: pinterest.com

Rak Dinding

Salah satu jenis rak yang sering dijumpai adalah rak dinding. Selain membuat rumah tampak lebih rapi, rak dinding ini juga dapat mempercantik sebuah ruangan. Yang perlu diperhatikan agar dapat mempercantik ruangan dengan rak dinding adalah dengan memilih desain dan bentuk rak. Biasanya rak dinding ini digunakan untuk menyimpan barang seperti buku, trofi penghargaan, lampu atau hiasan rumah. Tak jarang rak dinding juga ditempatkan pada sudut ruangan, terutama bagi rumah yang berukuran kecil.

Kredit Foto: dekoruma.com

Penempatan Sofa

Pada ruang keluarga yang didesain setengah terbuka ini sofa sudut berwarna putih berhasil memaksimalkan ruang yang tesedia di dalam bidang sekat. Meski desainnya amat minimalis dan polos, ragam motif dan tekstur kayu yang mengelilinginya menjadikan sofa sudut ini tampil dinamis. Penempatan sofa sudut pada interior ruang keluarga setengah terbuka ini memberikan keleluasaan pandangan yang lebih sehingga suasana santai lebih mudah terbangun, tanpa menghilangkan kesan intimate yang sebenarnya diperlukan.

Kredit Foto: digest.com

Penataan Furnitur

Tempatkan furnitur dalam susunan sudut dengan ruang yang tersisa untuk area sirkulasi. Penempatan sudut ini memisahkan zona khusus ruang tamu dengan area sirkulasi sehingga orang tidak akan lalu-lalang di sekitarnya. Jendela panel kaca pada dinding juga memberikan sentuhan yang bagus di ruang sempit karena secara visual dapat mengubah bentuk ruang menjadi lebih lapang.

Kredit Foto: fabelio.com

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared