Menata Apartemen Agar Terlihat Luas

Published: 29 Mar 2019

Apartemen menjadi solusi tempat tinggal di kota-kota besar. Keterbatasan lahan di perkotaan membuat apartemen semakin digemari sebagai tempat tinggal baik bagi keluarga muda maupun individu mandiri. Ruangan kecil tetap harus dihiasi dengan gaya dan ada banyak cara melakukannya ide-ide tentang bagaimana mendapatkan hasil maksimal dari sebuah ruangan kecil dengan teknik dekorasi yang tepat. Berbicara soal kebutuhan menciptakan ruang yang kamu sukai sehingga aura positif dapat mengelilingi seluruh ruangan apartemen. Ukuran kamar apartemen tentunya cukup beragam, namun bagaimana jika yang kamu membeli atau menyewa hanya memiliki satu ruang dengan ukuran studio? Pastinya hal ini tidak akan jadi masalah jika kamu dapat memaksimalkan layout dan desain ruangnya dengan beberapa tips dari Mendekor berikut ini.

Partisi & Tirai

Ruangan apartemen berukuran studio tentunya hanya memiliki partisi pada area ruang utama dengan kamar mandi saja. Tentunya untuk beberapa orang, hal tersebut cukup menganggu privasi mereka dengan mengekspos keseluruhan ruang termasuk kamar tidur. Penataan interior tanpa partisi adalah ide cerdas yang dapat kamu lakukan untuk memberikan kesan luas di apartemen kamu. Seperti yang terlihat pada gambar, Ruang makan di apartemen tersebut terlihat saling terhubung dengan kedua ruangan diantaranya, yaitu ruang dapur dan ruang keluarga.

Kredit Foto: furnizing.com

Pemilihin Furnitur

Kurangi kebiasaan membeli hiasan rumah yang akan membuat apartemen semakin sempit dan terlalu banyak barang. Pemilihan furnitur mungil dan multifungsi akan sangat membantu untuk meminimalisir pemakaian ruang. Contoh yang bisa kamu jadikan referensi adalah dengan menggunakan meja makan yang dapat dilipat menjadi meja kejra, atau rak TV yang bisa digunakan sebagai rak penyimpanan barang juga. Jika memungkinkan, jangan ragu untuk menggunakan rak yang ditanam yang menyatu dengan dinding dan mampu menyimpan barang dengan rapi.

Kredit Foto: maxres.com

Pencahayaan Ruangan 

Usahakan pencahayaan di dalam apartemen merata karena semakin banyak cahaya, semakin terasa luas ruangannya. Selain memberikan efek ini, ruangan yang dikenai cahaya matahari tentunya lebih segar bagi penghuninya. Gunakan lampu gantung dan indirect light. Untuk kesan lebih homey, gunakan lampu berwarna kuning yang terang. Namun jika kamu senang bereksperimen, kamu bisa menata apartemen sempit kamu tersebut dengan mencari lampu dalam warna lainnya selain warna normal lampu-lampu pada umumnya.

 

 Kredit Foto: blurpin.com

Warna Terang

Penggunaan warna-warna terang pada apartemen dapat memberikan kesan visual lebih luas. Warna-warna terang tersebut dapat digunakan untuk dinding, lantai maupun plafon. Gunakan paduan warna yang lebih muda atau paduan kontras warna terang. Warna tua juga dapat digunakan tetapi sebaiknya dalam porsi kecil sehingga tidak terkesan menekan. Pilihlah warna yang netral dan terang. Warna cerah dan netral dapat memberikan kesan lapang dan luas. Selain warna putih, kamu bisa menggunakan warna cerah lain seperti krim, biru muda, gading (ivory) dan lain-lain.

Kredit Foto: pinterest.com

Cermin

Kaca maupun cermin bisa dipasangkan pada dinding, furnitur atau bahkan sekedar bukaan seperti jendela. Penggunaan kacadan cermin akan membuat seakan-akan volume ruang menjadi dua kali lipat. Ini sesuai dengan hukum pemantulan cahaya. Dengan cermin, ruang akan terasa lebih lapang.

Kredit Foto: propert.com

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared