Memilih Partisi Ruangan Minimalis

Published: 15 Apr 2019

Sekat atau partisi adalah suatu bidang yang digunakan sebagai pemisah ruang yang dirancang tidak permanen. Berbeda dengan dinding, memisahkan satu ruangan atau lebih menggunakan partisi memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah ukuran ruang akan tetap terasa luas meski telah terbagi menjadi dua ruangan atau bahkan lebih. Selain sebagai pembagi atau pemisah ruang, seiring perkembangannya partisi juga memiliki fungsi dan tujuan lain dari sekadar memisahkan ruang.
Partisi juga menjadi bagian terpenting dari interior yang juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang unik. Jika rumah kamu memiliki konsep lantai terbuka, sepertinya penggunaan sekat bisa jadi solusi. Kamu bisa manemilih bentuk dan jenis sekat ruang yang sesuai dengan kondisi dan juga ukuran ruang. Perhatikan juga penggunaan perabotan agar memiliki keselarasan dengan partisi ruangan yang kamu gunakan. Berikut tips dari Mendekor untuk memilih partisi untuk ruangan minimalis:

Tentukan Anggaran

Perhatian terhadap anggaran ini akan mengerem keinginan kamu untuk membeli partisi ruangan yang jauh dari jangkauan anggaran kamu. Jika hal ini tidak kamu perhatikan, kamu akan dibuat bingung ketika menghadapi berbagai macam partisi ruangan yang banyak ditawarkan. Bisa jadi kamu akan memilih partisi yang melebih anggaran kamu. Akibatnya banyak kebutuhan lain yang harus kamu hilangkan. Hal itu tentu tidak akan terjadi manakala kamu membuat rancangan anggaran untuk partisi yang akan kamu apliksaikan dalam desain interior rumah kamu.

Sumber Foto: dekoruma.com

Fungsi Ruangan

Poin ini menegaskan apa yang telah dibahas sebelumnya bahwa aktivitas dalam sebuah ruangan tertentu akan berbeda dengan aktivitas yang dikerjakan di tempat yang lain. Pastikan betul alasan kamu mengaplikasikan sebuah partisi dalam desain interior rumah kamu. Poin ini juga akan mempengaruhi jenis bahan yang akan kamu gunakan untuk partisi ruangan tersebut. Karena setiap bahan partisis mempunyai karakter sendiri. Misalnya, partisi berbahan kaca tentu tidak cocok untuk memisahkan ruangan yang membutuhkan privasi tinggi.

Kredit Foto: livinator.com

Memilih Material

Tips memilih partisi ruangan minimalis ketiga adalah memilih material partisi. Ada 4 jenis material bahan yang umum dipakai untuk partisi, yaitu kaca, kayu, kain, bambu atau kombinasi dari keempatnya. Masing-masing memiliki keunikan sendiri untuk menambah nilai artistik ruangan minimalis kamu. Kombinasi dari keempat unsur material di atas juga bisa kamu gunakan. Hal itu bisa menambah kesan artistik pada partisi. Misalkan rangka kayu dengan kaca cocok untuk ruangan bergaya tropis moderen. Kombinasi kayu lapis taekwood dan rangka besi ukir cocok untuk kesan klasik dan etnik.

Kredit Foto: homedit.com

Menetapkan Lokasi

Tips memilih partisi ruangan minimalis adalah menetapkan desain. Apakah kamu akan membuat desain partisi yang tertutup total ataukah pembatas semu. Ini nanti akan mempengaruhi pilihan jenis material partisi yang akan dipakai. Partisi yang tertutup total lebih menjaga privasi pemilik rumah. Sehingga pilihan desain partisi harus rapat dan tidak tembus pandang. Misalkan saja kamu ingin membatasi privasi antara ruang tamu dan ruang keluarga. Gunakan folding door dengan rel roda di bagian atas dan bawah. Jenis material bisa berbahan dasar kayu atau kaca tidak tembus pandang. sebagai pembatas ruang tamu dan ruang tengah atau meja makan. Ini akan memberikan manfaat besar saat ada acara arisan keluarga besar. Sehingga ruangan tersebut bisa diperluas sesuai kegiatan pemilik rumah.

Kredit Foto: pinterest.com

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared