Memilih Furnitur Kayu untuk Jangka Waktu Panjang

Published: 05 Jul 2019

Pada mulanya furnitur atau mebel rumah dibuat dengan menggunakan bahan kayu solid utuh. Selain lebih awet dan tahan lama, material kayu solid juga lebih tahan beban. Karena persediaan kayu yang semakin terbatas, sekarang ini orang banyak membuat furnitur dengan menggunakan bahan baku alternatif yang biayanya lebih murah dan lebih ramah lingkungan. Ada bermacam-macam jenis furnitur yang dapat kamu gunakan dalam satu ruangan, seperti sofa, meja, lemari, kap lampu hingga rak. Dengan besarnya kebutuhan masyarakat akan ketersediaan berbagai furnitur, tak heran jika variasi model yang ditawarkan sangat beragam. Kamu bahkan bisa memesan furnitur custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, ketahui tips memilih furnitur untur jangka waktu yang panjang!

Jenis Kayu

Material kayu solid merupakan bahan terkuat untuk furnitur dan paling tahan lama dibandingkan kayu olahan. Selain dapat dibongkar pasang berkali-kali, tampilan furnitur kayu solid juga sangat indah sehingga tidak sedikit juga yang diekspor keluar negeri. Namun karena keterbatasan bahan baku, harga material kayu solid cukup mahal dan produksinya pun membutuhkan skill khusus. Selain itu kayu solid harus dikeringkan dengan baik untuk mencegah perubahan bentuk (memuai, menyusut, retak, lapuk) dan diberi coating atau finishing dengan obat anti rayap untuk memperpanjang usia mebel kayu solid.

Kredit Foto: wazofurniture.com

Sesuai Kebutuhan

Memilih furnitur rumah bukan hanya soal selera, tetapi kebutuhan spesifik setiap anggota rumah. Sebagai contoh, kamar yang ditempati oleh dua anak kamu membutuhkan tempat tidur double atau tempat tidur bertingkat agar lebih menghemat ruang. Contoh lainnya, kamar yang ditempati orang tua berusia lanjut membutuhkan ornamen-ornamen yang memberi kesan sejuk dan nyaman, seperti vas bunga dan karpet bulu yang empuk.

Kredit Foto: apogeeinteriors.com

Tentukan Budget

Tidak kalah penting, tentukan seberapa besar budget yang dapat kamu belanjakan. Dalam hal ini, utamakanlah kualitas dari pada kuantitas. Lebih baik membeli satu furnitur berkualitas tinggi dengan harga yang agak mahal, daripada membeli tiga furnitur murahan yang berisiko rusak dalam jangka waktu pendek. Adapun kualitas sebuah perabot bisa dilihat dari materialnya, seperti jenis kayu yang digunakan, bahan kain atau kulit yang melapisinya, dan sebagainya. Jika memiliki kartu kredit, kamu dapat melakukan pembayaran melalui sistem cicilan yang mungkin jauh lebih enteng daripada bayar tunai sekaligus. Akan tetapi, jangan sampai cicilan tersebut malah memberatkan kamu di kemudian hari.

Keutamaan Kayu

Keutamaan dari penggunaan mebel kayu yaitu memberikan kesan klasik dan mewah serta elegan dari sebuah rumah yang tidak akan didapatkan dari rumah dengan interior furnitur logam. Mebel kayu dapat membangun suasana hangat di dalam ruangan. Selain itu mebel kayu juga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared