Yuk, Tata Rumah Bergaya Industrial!

Published: 02 Jan 2018 / BY Mendekor

Gaya industrial berawal dari Eropa yang pada jaman dulu menggunakan bangunan bekas pabrik yang terbengkalai untuk dijadikan hunian yang layak dan nyaman. Akan tetapi, walaupun dilakukan beberapa penyesuaian, karakter asli bangunan sengaja tidak dihilangkan.

Saat ini, gaya industrial justru dibuat dengan sengaja karena ada keunikan tersendiri ketika sebuah ruangan dibuat seperti kita berada disebuah bangunan tua. Untuk kamu yang tertarik dengan keunikan yang sama, Mendekor punya tips seperti berikut:

Gunakanlah Furnitur Berwarna Maskulin
Gaya industrial biasanya menggunakan warna-warna monokromatik dan terkesan maskulin seperti warna hitam, abu-abu atau coklat. Beberapa material yang digunakan juga cenderung kasar seperti logam dan baja yang sengaja diekspos untuk menunjukkan karakternya. Furnitur yang digunakan cenderung tanpa finishing dan lebih menunjukkan warna aslinya. Furnitur berbahan kayu biasanya tidak dicat, melainkan hanya dipolitur untuk mengantisipasi rayap. Furnitur berbahan besi, alumunium, dan stainless juga tidak dicat sama sekali, tetapi dibiarkan apa adanya seperti layaknya material asli.
 
 
Kredit foto: tumblr.com

Tambahkan Aksesoris Berbahan Logam

Aksesoris pada konsep industrial seperti artwork atau furnitur yang berbahan logam. Bisa logam baru atau yang sudah usang. Namun, biasanya agar kesan industrial kian kuat, jenis logam yang digunakan adalah yang sudah usang. Material bangunan lain yang sering digunakan untuk konsep ini adalah pipa. Kamu juga dapat memasang lampu berbahan besi berwarna hitam sebagai tambahan dekorasi.

 Kredit foto: i.pinimg.com

Desain Dengan Batu Bata

Batu bata sering sekali digunakan sebagai material bangunan dengan gaya industrial. Batu bata sendiri telah lama dikenal karena daya tahan dan umurnya yang panjang. Batu bata biasanya dibiarkan terlihat seperti aslinya dan tidak difinishing. Kamu dapat mengaplikasikan batu bata tersebut pada desain untuk dinding ruanganmu.

 Kredit foto: i.pinimg.com

Cobalah Daur Ulang Furnitur

Material bekas atau recycle sering digunakan dalam konsep arsitektur industrial. Kotak besi bekas, pipa bekas, perangkat-perangkat mekanis, ubin, dan benda-benda keras lainnya dapat menjadi pilihan untuk Anda menciptakan suasana industrial di rumah. Konstruksinya yang kuat dapat digunakan untuk dijadikan perabotan yang kreatif dan unik.

 Kredit foto: i.pinimg.com

Pilihlah Pencahayaan Dari Lampu Gantung

Lampu yang digunakan biasanya berkesan industrial, mulai dari neon hingga lampu gantung yang sering digunakan untuk pabrik. Lampu gantung yang dicat dengan warna porselen atau yang menggunakan penutup alumunium menjadi ciri khas lampu dari pabrik-pabrik tua.

 Kredit foto: i.pinimg.com

Pasangalah Lantai Parket

Lantai parket kayu dapat merupakan sebuah solusi. Lantai parket kayu memiliki kemampuan untuk meningkatkan estetika atau keindahan dari berbagai variasi dan corak yang bisa diberikan atau ditampilkan oleh lantai parket kayu tersebut. Pada elemen dasar interior bergaya industrial, material yang digunakan adalah lantai parket atau lantai acian, dan tidak menggunakan lantai keramik atau lantai granit.

 Kredit foto: i.pinimg.com

Apakah Artikel Ini Berguna?


View Compared Product
No Products to compared