Menggabungkan Area Kerja Pada Ruang Tamu

Published: 22 Nov 2018

Apabila kamu yang memiliki ukuran rumah dengan hunian terbatas sehingga tidak memiliki cukup ruang untuk membuat ruangan kerja pribadi, kamu tidak perlu bingung lagi loh. Optimalkan kegunaan dari ruangan di rumah dengan menciptakan area fungsional sendiri dengan menggabungkan fungsi dari dua ruangan menjadi satu seperti yang ingin dibahas pada artikel ini. Kamu dapat menggabungkan atau mengaplikasikan area kerja pada ruang tamu, namun dengan pertimbangan harus tetap mengutamakan kenyamanan agar tidak mengganggu aktifitas didalam ruangan setiap harinya.

Berikut beberapa tips dari Mendekor buat kamu:

Gaya Desain Ruangan

Dalam menggabungkan area kerja pada ruang tamu, usahakan kedua ruangan memiliki tipe lantai dengan tone warna yang sama agar membuat ruangan lebih menyatu. Gaya desain yang cocok dan rekomendasikan pada ruangan ini adalah desain modern minimalis, namun kamu dapat memilih jenis desain ruangan sesuai keinginan dan konsep rumah kamu. Sebaiknya hindari penggunaan gaya desain yang berbeda pada ruang kerja dan ruang tamu karena akan membuat ruangan seakan tidak rapi dan terasa lebih sempit. Pilihlah warna putih sebagai warna dominan untuk memberikan kesan luas dan lapang, serta membuat suasana lebih rileks dan santai.

Kredit Foto: myfamilyliving.com

Pemilihan Furnitur

Penataan ruangan kerja dan ruang tamu dengan ukuran terbatas, sebaiknya pilih furnitur dengan desain simpel seperti meja, kursi dan rak buku sederhana dengan ukuran yang tidak terlalu besar serta batasi penggunaan furnitur yang tidak terlalu penting untuk menghindari pemborosan ruangan. Pemilihan furnitur sebenarnya susah-susah gampang, sehingga kamu perlu bijak dalam mempertimbangankan desain dan bentuk furnitur seperti apa yang cocok untuk ruangan kamu agar lebih nyaman dan tidak mengurangi ruang gerak kamu pada ruangan. Pilihlah furnitur berbahan kayu, karena bahan kayu cocok diaplikasikan pada ruangan dengan desain apapun, selain itu membuat ruangan kamu lebih natural dan cantik.

Kredit Foto: supernocleg.com

Posisi Peletakkan

Apabila ruang tamu kamu berukuran sempit, kamu dapat menempatkan posisi ruang kerja kamu di sudut ruang tamu. Meskipun letaknya terpencil, sudut ruangan memiliki banyak manfaat dan penempatan ruang kerja pada sudut ruang tamu sebenarnya hal yang bagus karena dapat berfungsi untuk menghemat ruang sehingga membuat ruangan terasa lebih luas dan tertata rapi, juga agar penempatan meja, kursi dan rak buku kamu tidak mengganggu aktifitas kamu sehari-hari.

Kredit Foto: tinbatdongsan.com

Pembatas Ruangan

Sebelum menggabungkan area kerja kedalam ruang tamu, sebaiknya beri pembatas antara ruang kerja dengan ruang tamu untuk membuat ruangan lebih tertata dan rapi. Kamu dapat membatasi ruang dengan pembatas yang bersifat non permanen yang bertujuan agar kamu mudah untuk mengganti ataupun melepasnya sesuai keinginan. Pembatas non permanen ini dapat berupa folding screen, tirai, rak minimalis yang ditempatkan diantara kedua ruangan atau bahkan kamu juga dapat memakai sofa yang diletakkan membelakangi ruang kerja untuk memberi batas sehingga membuat ruangan terlihat lebih fungsional.

Kredit Foto: lauramkolar.com

Aksesori Dekorasi

Untuk memberi kesan cantik pada ruang kerja, kamu dapat memberi beberapa aksesori dekorasi kecil pada meja kerja dan rak buku. Memberi aksesori seperti pajangan foto, lampu meja, patung kecil dan tanaman hias kecil akan memberi unsur manis serta meningkatkan suasana. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman dan pastinya lebih produktif dalam bekerja. Hindari penggunaan aksesori dekorasi yang terlalu berlebihan, karena akan membuat area kerja menjadi terlihat tidak rapi dan pastinya mempengaruhi mood kamu dalam bekerja.

Kredit Foto: lifestylegranola.com

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared