Menata Ruang Kerja Terbatas Di Rumahmu, yuk!

Published: 19 Jan 2018 / BY Mendekor

Bagi kamu yang seorang pekerja kantoran atau memiliki usaha, pastinya akan membutuhkan area kantor atau ruang kerja di rumah. Namun, jika ruangan di rumahmu terbatas cobalah untuk mencari beberapa referensi yang cocok dengan keinginanmu.

Berikut solusi Mendekor dalam menangani hal tersebut:

Sesuaikan Ukuran Furnitur 

Mulailah dari furnitur yang paling penting dalam ruang kerja, yaitu meja dan kursi. Pilihlah meja kerja dan kursi kantor yang sesuai dengan ukuran ruangan. Untuk ruangan berukuran kecil, pilihlah furnitur dengan bentuk kotak dan berbahan kaca, kayu tipis atau besi. Hindari juga meja yang bervolume dan memiliki banyak laci. Kamu juga  dapat menggunakan kursi yang tebuat dari kayu atau besi dengan ukuran yang sedang atau kecil.

Kredit foto: i.pinimg.com

Media Penyimpanan

Jika kamu memiliki banyak barang untuk kebutuhan kerjamu, kamu dapat mensiasatinya dengan memasang rak penyimpanan. Pilihlah rak berbahan besi atau dan berukuran sedang dengan warna yang lembut. Bila ruangannya kecil, kamu bisa membeli lemari kecil dengan laci berbentuk kotak-kotak persegi panjang, terapkan pada dinding, sehingga membentuk media penyimpanan vertikal. Sistem gantung-menggantung juga dapat kamu jadikan alternatif lain. Selain itu, kamu dapat menambahkan wadah di meja untuk menyimpan berkas-berkas pekerjaan.

Kredit foto: i0.wp.com

Dekorasi dan Hiasan

Dekorasi dan hiasan pada ruangan kerja menjadi salah satu poin penting karena dapat berpengaruh terhadap kualitas kerja kamu di rumah. Pilihlah dekorasi dan hiasan yang berwarna untuk menyeimbangkan penglihatan kamu. Hiasan yang dipajang sebaiknya berukuran kecil atau sedang. Untuk ruangan berukuran kecil, hiasan dinding juga menjadi hal lain yang harus diperhatikan. Kamu dapat memilih warna lembut seperti putih, abu-abu, biru muda dan lain-lain. Jika ingin menggunakan wallpaper, gunakan wallpaper dengan warna lembut seperti tadi. Apabila kamu ingin membuat ruangan terasa luas, kamu dapat memilih motif bergaris horizontal. Namun, jika kamu ingin membuat ruangan terasa tinggi, gunakanlah motif bergaris vertikal. Untuk membuatnya lebih unik, kamu dapat memberikan warna mencolok pada satu area  yang menjadi titik poin ruang tersebut.

Kredit foto: morgansmithbaritone.com

Tingkatkan Produktivitas

Selain mendekorasi ruangan dengan baik, hal yang paling penting untuk membuat ruang kerja di rumah adalah tingkat keproduktifitasnya. Kamu dapat membuat satu area di dinding untuk menyimpan catatan, daftar to-do atau kalender. Kamu dapat membuat jaring atau rak dari besi untuk menyimpan buku dan catatan. Selain kegunaannya itu, kamu dapat mengkreasikan area ini semenarik mungkin.

Kredit foto: i.pinimg.com

Pencahayaan Ruangan

Walaupun ruangan yang kamu miliki itu terbatas, usahakan kamu menata area kerja berdekatan dengan letak jendela. Karena untuk siang hari cahaya yang paling baik adalah cahaya dari matahari. Jika ruangan kerja itu tinggi, kamu dapat menggunakan lampu gantung. Jika beratap rendah, kamu cukup menggunakan lampu meja atau lampu yang dapat dipasang pada dinding. Pilihlah bohlam lampu berwarna putih atau warm white.

Kredit foto: shopity.com

Pemilihan Lantai

Untuk membuat ruanganmu terasa lebih nyaman, kamu dapat memasang karpet dengan ukuran sedang dan tidak menutupi seluruh lantai ruangan. Jika kamu ingin menggunakan karpet bermotif, tetap gunakan motif sederhana atau garis-garis. Lalu, cobalah menggunakan lantai semen berwarna abu muda atau lantai parket berwarna cokelat agar ruangan tetap terasa luas.

Kredit foto: littlegoldpixel.com

Apakah Artikel Ini Berguna?


View Compared Product
No Products to compared