Kreasikan Teras Rumah Minimalis Ala Mendekor!

Published: 09 Nov 2018

Seiring perkembangan zaman, kebanyakan rumah modern didesain dengan gaya minimalis. Desain minimalis memang cocok untuk diterapkan pada rumah yang berukuran tidak terlalu luas dan terkesan sederhana. Namun, semua orang pasti ingin punya areaprivate terbuka di rumah untuk menikmati udara segar kapan saja mereka mau. Salah satu caranya adalah menciptakan suasana yang nyaman pada teras rumah yang didekorasi dengan cantik. Selain itu, karena rumah minimalis memiliki ukuran ruang yang tidak terlalu luas, akan menjadi ide yang baik jika kamu menjadikan teras rumah sebagai tempat menerima tamu.

Berikut Mendekor berikan kamu tips atau cara mengkreasikan teras untuk rumah minimalis:

Tentukan Fungsi Teras

Sesuai dengan gaya rumahnya, teras minimalis cenderung menempati area yang tidak luas. Hal ini menyebabkan munculnya sebuah tren baru, yaitu teras hanya berfungsi sebagai area untuk menyambut tamu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menjadikan area teras ini juga sebagai tempat menerima tamu. Kamu dapat menghemat ruangan dalam rumahmu yang dapat kamu desain lebih leluasa untuk ruang keluarga yang lebihprivate. Jika kamu memiliki area tambahan di depan rumah, kamu dapat memanfaatkan area tersebut untuk memperluas area teras. Jika kamu sudah memutuskan fungsi dari teras, maka kamu dapat menentukan furnitur dan aksesori dekorasi yang akan digunakan.

Kredit Foto: magazynvilla.pl

Memilih Furnitur Luar Ruangan

Kesalahan yang palin sering dilakukan dalam menata teras minimalis adalah tidak menggunakan furnitur yang didesain khusus untuk ruangan di luar rumah. Furnitur, khususnya meja dan kursi teras yang ditempatkan sebaiknya terbuat dari material yang tahan lama dan tahan air. Misalnya material kain yang cepat kering saat terkena hujan. Untuk furnitur teras minimalis kamu dapat memilih kursi dan meja yang terbuat dari kayu, bambu, rotan, ataupun material logam seperti besi. Selain karena tahan lama dan tidak mudah lapuk jika ditempatkan di luar rumah, furnitur berbahan alami, seperti kursi bambu, juga lebih mudah dirawat.

Kredit Foto: metdanique.com

Pilih Ukuran Furnitur

Tak kalah penting, pilihlah furnitur yang ukurannya proporsional agar tatanan teras terlihat seimbang. Kamu dapat menyiasati sudut yang ada dalam teras minimalis yang sempit, misalnya dengan menempatkan tempat duduk bersudut 90 derajat atau membuatmeja sisi serbaguna di dinding teras.

Kredit Foto: wenji8.com

Dekorasi Teras Yang Sesuai

Untuk mendekorasi teras minimalis, sebaiknya kamu menerapkan konsep yang lebih simpel, tapi tetap atraktif. Hindari dekorasi yang berlebihan karena dapat membuat teras yang kecil jadi terlihat sesak. Tapi, bukan berarti kamu tidak dapat mencoba berbagai elemen dekoratif untuk mendekorasi teras minimalis. Aksesori seperti cushion empuk dankarpet outdoor beraksen dapat menguatkan tampilan minimalis pada teras. Penambahantanaman artifisial atau vas bunga akan mempercantik teras rumahmu.

Kredit Foto: trendecora.com

Pintu Jadi Fokus Utama

Di teras rumah minimalis, unsur-unsur yang ada juga dapat dipoles dan ditata agar memiliki karakter. Mengingat konsep minimalis adalah membatasi penampilan bentuk-bentuk yang rumit dan mendetil, maka bagian terpenting di teraslah yang sebaiknya terlihat sebagai pusat perhatian. Dalam hal ini, bagian terpenting itu adalah pintu. Lampu dan tanaman hias di sekitar pintu cukup ampuh untuk menarik mata siapa pun ke arah pintu depan. Jangan lupa pilih daun pintu minimalis agar serasi dengan gaya rumah.

Kredit Foto: curbed.com

Apakah Artikel Ini Berguna?
View Compared Product
No Products to compared