Desain Perpustakaan Mini Di Rumahmu!

Published: 19 Apr 2018 / BY Mendekor

Tempat membaca yang nyaman, dapat membuat kegiatan membacamu menyenangkan, terlebih jika kita dapat melakukannya di dalam rumah sendiri. Kamu dapat menyusun rapi berbagai koleksi buku, dengan rak penyimpanan untuk buku yang ditempatkan pada area kosong dalam rumahmu agar ruangan lebih multifungsi.

Berikut ini beberapa area di rumah dapat kamu jadikan perpustakaan mini yang bagus dan tidak mengganggu kenyamanan ruangan lain :

Area Dinding

Area dinding pada setiap ruang kosongmu, dapat kamu kreasikan dengan dibuatnya  perpustakaan mini. Ukurlah terlebih dahulu bagian dinding yang ingin kamu tempatkan rak buku, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Buatlah sekat pemisah antara kumpulan buku, lalu sesuaikan jumlah sekat yang kamu butuhkan berdasarkan jumlah buku dan kategorinya. Tidak lupa jika kamu ingin area membacamu memiliki sentuhan seni, kamu dapat menaruh beberapa dekorasi tanaman, patung hias dan hiasan dinding, seperti lukisan besar yang dapat kamu taruh pada bagian dinding pemisah antara rak buku.

Kredit Foto: arkpad.com

Area Lorong Rumah

Adanya rak-rak buku di bagian lorong rumahmu merupakan ide kreatif jika kamu tidak memungkinkan untuk membuat ruang perpustakaan. Buatlah rak memanjang di sepanjang lorong rumah, lalu desain sesuai keinginanmu. Selain dapat menentukan desainnya, penggunaan warna putih pada rak dan area lorong juga dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan interior ruangan. Sehingga warna antara furnitur dan interior area lorong selaras dan lebih mudah untuk didekorasi ulang.

Kredit Foto: hug_fu.com

Area Jendela

Jika kamu memiliki sedikit area tersisa di dekat jendela, kamu dapat manfaatkannya untuk menjadikan perpustakaan pribadi yang nyaman. Area jendela dapat kamu jadikan tempat favorit untuk kegiatan membaca, karena sesekali kamu dapat membaca sembari menikmati pemandangan di luar jendela. Letakanlah beberapa kursi atau pun sofa yang nyaman serta meja sisi minimalis yang disenadakan dengan suasana ruangan, kamu tentu dapat memilihnya dari bahan kayu yang kokoh atau bahan metal.

Kredit Foto: readitforward.com

Area Bawah Tangga

Pemanfaatan area tangga dengan optimal akan sangat efektif, terutama bagi kamu yang memiliki ruang terbatas. Area tangga dapat menjadi tempat strategis untuk menyimpan koleksi bukumu. Selain warna-warni bukunya yang mampu menambah nilai estetika pada area tangga, kamu juga dapat mendesainnya dengan menarik, tambahkanlah dekorasi unik seperti tanaman artifisial, hiasan dan pajangan  yang membuat area membacamu terlihat lebih manis.

Kredit Foto: hommeg.com

Apakah Artikel Ini Berguna?


View Compared Product
No Products to compared