Menata Lemari Pakaian Ala Fashionista

Published: 05 Apr 2017 / BY Admin

Kesal dengan lemari pakaian yang tampak penuh, sesak, dan tidak teratur? Di luar negeri ada tradisi spring cleaning, yaitu tradisi membersihkan rumah pada saat musim semi. Anda Tidak harus menunggu musim semi untuk merapikan isi lemari anda dan menyambut cuaca cerah. Cukup luangkan setidaknya satu hari saja, khusus untuk menata ulang lemari pakaian.

Salah satu tantangan dalam menata lemari pakaian adalah seringkali merasa banyak pakaian atau fashion items yang saying untuk dibuang. Padahal, lemari Anda adalah lemari pakaian minimalis yang terbatas ruangnya. Nah, bagaimana caranya agar Anda dapat tetap tampil edgy dan on point dengan koleksi fashion items paling terkini dengan lemari Anda? Jangan buru-buru membuang atau menyumbangkan baju anda. Dengan teknik menata lemari yang benar dan tepat serta cerdas memanfaatkan rak, drawer, dan kontainer, anda tidak hanya bisa menyulap lemari anda menjadi lebih fashion-friendly, tetapi juga bisa membuat lemari Anda menjadi lebih eco-friendly. Dengan berkurangnya barang, kamar akan terasa lebih lapang. Percaya deh, sirkulasi udara bisa jadi lebih baik. Berikut 4 langkah menata isi lemari pakaian ala fashionista:

Langkah 1: Buat Semua Barang Terlihat

Gunakan kursi, karpet atau tempat tidur sebagai penampungan sementara selagi Anda mengosongkan isi lemari pakaian. Keluarkan semua isi lemari dan jangan tinggalkan satu barang pun. Tidak hanya pakaian tapi juga hanger hingga pengharum lemari. Jangan ditumpuk, lebih baik jajarkan isi lemari menyamping sehingga Anda bisa melihatnya lebih jelas, apa saja yang sebenarnya memenuhi lemari pakaian. Ukur besar lemari dan perkirakan apakah Anda perlu furniture tambahan, seperti lemari tas, gantungan baju, atau rak gantung. Bila perlu, ajak anggota keluarga atau teman untuk bantu membereskan barang atau memindahkan barang yang berat.

Langkah 2: Pilah dan Pilih

Pilih dengan teliti isi lemari yang telah Anda jajarkan. Tentukan mana yang bisa tetap disimpan, yang bisa disumbangkan, dan segera singkirkan sisanya yang sudah tidak layak pakai. Gunakan kontainer plastik, keranjang, boks plastik atau wadah lainnya untuk mengelompokkan barang. Agar lebih mudah, berikan label pada setiap wadah, seperti keep, donate, dan trash. Untuk pernik-pernik kecil, sebaiknya Anda pisahkan lagi sendiri, seperti saputangan atau kaos kaki untuk mencegahnya terselip di antara barang berukuran besar. Percayalah, ruang di kamar minimalis Anda perlahan akan lebih lapang dan Anda pun akan semakin selektif memilih barang.

Langkah 3: Seleksi Ketat

Ternyata cuaca bisa jadi salah satu pertimbangan kita disaat menata lemari pakaian lho. Kelompokkan sekali lagi sesuai fungsinya segala pakaian layak pakai yang masih ingin disimpan. Misalnya untuk bersiap menyambut musim hujan, kelompokkan baju hangat seperti sweater, jaket  dan cardigan. Sedangkan untuk cuaca cerah dan aktivitas outdoor seperti traveling, kelompokkan blouse dan kemeja. Agar pakaian awet dan tidak mudah rusak, perhatikan dengan benar cara penyimpanannya. Anda bisa melipat t-shirt, underwear dan celana bahan, lalu susun di dalam drawer dengan rapi. Kemudian gunakan hanger untuk menggantung dress, blazer dan kebaya.

Langkah 4: Buang yang Tidak Perlu

Selain pakaian yang tidak terlipat rapi dan diselipkan asal-asalan, faktor yang tanpa sadar membuat lemari pakaian tampak penuh adalah adanya barang-barang yang tidak cocok disimpan di dalam lemari pakaian. Jangan diremehkan, ini sering terjadi lho. Tanpa kita sadar diantara pakaian terselip satu dua buah novel atau beberapa peralatan make up. Nah, benda-benda seperti ini harus segera dikeluarkan dari lemari pakaian kita dan diletakkan pada tempat penyimpanan yang seharusnya, seperti rak buku dan meja rias untuk peralatan make up.

 

Jika Anda telah menata ulang lemari, namun tetap tidak cukup ruang juga untuk semua koleksi pakaian Anda, maka jangan khawatir. Karena mendekor.com, salah satu website jual furniture yang terbaik dapat membantu Anda.

Apakah Artikel Ini Berguna?


View Compared Product
No Products to compared