Kesalahan Dalam Merawat Furniture Rotan

Published: 04 Apr 2017 / BY Mendekor

Material furniture rotan memang kuat, nyaman dan memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Selain itu, material furniture rotan juga dinilai ramah lingkungan dan jika dirawat dengan baik dan benar, maka bisa awet hingga puluhan tahun loh! Tetapi terkadang terjadi beberapa kesalahan dalam merawat furniture rotan. Kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat furniture berbahan rotan adalah sebagai berikut:

 

Mengeringkan di Bawah Sinar Matahari Langsung 

Untuk jenis furniture rotan yang menggabungkan material rotan dengan bahan kanvas, kulit, atau bahan kain lainnya, Kamu bisa menempatkannya di teras rumah atau patio yang dilengkapi dengan kanopi yang teduh. Kamu juga harus tetap memperhatikan, meski sudah diletakkan di tempat teduh, jangan sampai furniture rotan terkena langsung sinar matahari atau perubahan cuaca yang ekstrim dan sering terjadi.
 
 
Kredit foto: listythings.com
 

Menarik Serabut Rotan 

Seiring bertambahnya usia furniture, biasanya mulai timbul serabut-serabut yang mencuat. Meski kamu ingin menarik-narik serabut rotan tersebut, Kamu sebaiknya lebih menahan diri, karena hal tersebut justru dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada furniture rotan kesayangan kamu. Dianjurkan untuk menggunakan gunting ketika memotong dan merapikan serabut-serabut tersebut.
 
 
Kredit foto: maggiegalton.com
 

Langsung Dipakai

Biasanya furniture rotan yang berada di ruang tamu cenderung lebih cepat berjamur, yang ditemui dengan munculnya bintik-bintik putih di permukaan. Tidak aneh, karena ruang tamu berpotensi menjadi area yang sangat lembap karena lebih tertutup dibanding ruang lainnya, apalagi bila rumah Kamu adalah rumah minimalis yang cenderung jarang memperoleh sinar matahari. Untuk mengatasinya, jemur furniture rotan tersebut di bawah sinar matahari langsung. Tunggu hingga jamurnya mengering lalu lap atau sapu serbuknya.

 
 
Kredit foto:himanaa.com
 

Membersihkan Furniture Hanya di Permukaan

Jika kamu menggunakan furniture rotan di kamar mandi atau dapur, sebaiknya Kamu sering-sering mencucinya. Tapi sebelum dicuci, bersihkan terlebih dahulu furniture rotan dengan vacuum cleaner agar furniture rotan bersih sampai ke sela-selanya. Gunakan ujung berbulu panjang pada vacuum cleaner untuk menjangkau debu di celah-celah anyaman. Jangan sampai menekan permukaan furniture terlalu keras agar tidak melepas rajutan rotan dan membuat cacat pada permukaannya. Janga lupa juga untuk jemur di bawah sinar matahari secara langsung agar tidak lembap dan mudah berjamur.
 
 
Kredit foto: estliving.com
 
 
Apakah Artikel Ini Berguna?


View Compared Product
No Products to compared